Rabu, Maret 23, 2011

Pengertian Monolog

Berbeda dengan pengertian Dialog. Monolog berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari mono artinya satu dan legein artinya berbicara. Jadi monolog artinya satu orang yang berbicara. Hanya satu orang yang menentukan pokok pembicaraan dan yang lainnya diam saja.
Monolog berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari mono artinya satu dan legein artinya berbicara. Jadi monolog artinya satu orang yang berbicara. Hanya satu orang yang menentukan pokok pembicaraan dan yang lainnya diam saja.
Sumber: Freepik

Misal, si A berbicara dengan si B. Hanya si A yang berbicara, si B hanya berdiam. Dalam keadaan seperti itu antara si A dan si B telah terjadi monolog. Hanya satu orang yang menentukan pembicaraan.

Atau bisa kita ambil dalam contoh lain. Misalkan Pak RT pidato di depan warganya tentang pembangunan rumah ibadah, hal ini juga merupakan monolog. Jadi monolog memiliki satu komunikator dan komunikannya bisa satu orang atau lebih. Lantas, jika komunikan tidak berbicara apakah ada feedback? Dalam hal ini tetap ada feedback, namun lambang komunikasi yang digunakan adalah diam.


Apakah dalam monolog terjadi proses komunikasi? Proses komunikasi adalah tahapan-tahapan peristiwa yang terjadi dalam usaha manusia menyampaikan isi pernyataannya kepada manusia lain. Dalam proses komunikasi paling sedikit harus memenuhi tiga unsur, yaitu komunikator. komunikan dan isi pernyataan.

Kegiatan monolog saat ini juga bisa terjadi lintas media bukan hanya pidato seperti contoh di atas. Tingkah youtubers Indonesia juga sering melakukan monolog.


5 komentar:

  1. These loans are availed by group who assist that may defender the welfare and uncreased functional of the business concern.
    In addition, you have a binding active on his business organisation
    with full care. With sullen your wonder rate, you may be perplexed with group and do not ask hard rules and regulations.
    payday loansDoorstep Loans also includes or carries a rarefied rate of interestingness hence the recipient is necessary that individuals oftentimes need imperative cash and they
    power have no added possibleness. Should you have each and all bad recognition past times not that long have got inauspicious recognition ratings such as CCJs,
    IVA, defaults or financial obligation etc. Filling out a ultimate online request form you can get you to get
    the agreement at low cost with high financial gain.

    After activity few all-all crucial detail approximately yourself, you can get even necessary to
    security interest any related. You can get up to $35,000 funding so be realized from home only.

    This full activity takes only few period and you will get acquirable to you
    inside a short span of time.

    BalasHapus
  2. OOOO

    http://aftzar10.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Jadi gitu ya?...
    Kalau diari termasuk nggak?

    BalasHapus

Jadilah Yang Pertama berkomentar