Jumat, Maret 11, 2011

Unsur-Unsur Dalam Proses Komunikasi (Bagian 3/Final)

Jika sebelumnya kita membahas tentang tiga unsur pokok proses komunikasi dan saluran komunikasi maka sekarang kita akan membahas tentang Peralatan tubuh manusia.

Peralatan tubuh manusia ada kaitannya dalam bahasan ilmu komunikasi khususnya unsur dalam proses komunkasi. Hal ini disebabkan peralatan tubuh manusia merupakan perangkat-perangkat penting dalam proses penyampaian isi pernyataan itu sendiri.
Peralatan tubuh manusia ada kaitannya dalam bahasan ilmu komunikasi khususnya unsur dalam proses komunkasi. Hal ini disebabkan peralatan tubuh manusia merupakan perangkat-perangkat penting dalam proses penyampaian isi pernyataan itu sendiri.
Sumber: Freepik

Dalam hal ini peralatan tubuh manusia dibagi menjadi dua kelompok, yaitu peralatan jasmaniah dan rohaniah. Ke dua hal ini seperti dua bagian mata uang logam yang tidak mungkin terpisahkan. Karena peralatan jasmaniah tidak mungkin berfungsi dengan baik jika peralatan rohaniyahnya juga mengalami kecacatan.

Untuk lebih memperjelas yang dimaksud dengan peralatan jasmaniah adalah panca indera, dan yang dimaksud dengan peralatan rohaniyah adalah falsafah hidup, hati nurani, akal, budi dan seperangkat naluri.

Penjabaran satu-persatunya sbb:

1. Falsafah hidup
Peralatan rohaniyah selalu bekerja bersama-sama secara terus-menerus selama manusia yang memilikinya masih memiliki kesadaran serta bekerja secara simultan. Output dari kerja falsafah hidup kita sebut konsepsi kebahagiaan, motif komunikasi dan isi pernyataan. Ada manusia yang sama falsafah hidupnya dengan manusia lain, namun ada juga yang bertentangan.

2. Kemampuan Akal
Akal artinya alat untuk berfikir. Kemampuan akal adalah kemampuan untuk berfikir untuk membedakan mana yang salah dan mana yang benar, menganalisis, menghubungkan, mengingat dan mengambil kesimpulan. Kemampuan akal setiap manusia berbeda-beda, hal ini disebabkan perbedaan pengalaman, wawasan, dan tingkat pendidikan.

3. Kemampuan Budi
Budi merupakan alat manusia yang berfungsi untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, hal ini meliputi moral, etika dan akhlak dan juga untuk membedakan mana yang jelek dan mana yang indah dan mana yang adil dan mana yang tidak adil.

4. Seperangkat Naluri
Manusia diberi seperangkat naluri oleh Tuhan YME. Naluri-naluri tersebut antara lain: naluri kebahagiaan, naluri sosial, naluri ingin tahu dan naluri komunikasi. Sebetulnya masih banyak lagi naluri-naluri lainnya namun ke empat naluri inilah yang berhubungan dengan ilmu komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah Yang Pertama berkomentar