Comments

Lambang Komunikasi

Posted by at 11:31 AM Read our previous post
Sepanjang hidupnya dari mulai lahir hingga meninggal manusia pasti selalu berusaha memenuhi rasa bahagia yang diinginkannya. Untuk mewujudkan konsepsi kebahagiannya manusia harus menyampaikan isi pernyataannya kepada manusia lain.

Isi pernyataan hanyalah sebuah konsep yang perlu penerapan untuk merealisasikannya. Dalam tulisan sebelumnya sudah sedikit dijelaskan tentang isi pernyataan dan proses penerapannya. Secara garis besar ketika manusia ingin menyampaikan isi pernyataannya akal dan budi nya akan bekerja sehingga menghasilkan isi pernyataan.

Isi pernyataan ini bersifat abrstak dan akan dianggap ada atau nyata jika jika bentuknya berubah menjadi lambang komunikasi yang berarti tanda penyampaian isi pernyataan.

Lambang komunikasi dibagi menjadi dua yaitu lambang komunikasi umum dan lambang komunikasi khusus. Lambang komunikasi umum dibagi lagi menjadi empat bagian yaitu:

1. Mimik
2. Gerak-gerik
3. Suara
4. Bahasa
a. Lisan
b. Tulisan

Lambang-lambang tersebut adalah tanda penyampaian isi pernyataan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dengan menggunakan lambang-lambang tersebut maka lawan bicara atau komunikan akan mengerti maksud dari hasil kerja akal dan budi si komunkator.

Di samping lambang komunikasi umum juga terdapat lambang komunikasi khusus yang juga akan digunakan dalam situasi dan kondisi yang khusus juga. Misalkan dalam suatu produksi film lambang komunkasi khusus yang biasa digunakan adalah tata rias, tata cahaya, dekorasi, dll yang jika digunakan lambang-lambang tersebut pasti mengandung pesan tertentu. Contohnya, jika tata cahaya disetting redup berarti film itu menyampaikan bahwa suasana pada durasi film saat itu sedang temaram, galau, sedih atau mencekam.

Contoh penggunaan lambang komunkasi khusus lainnya bisa diambil dilihat ketika kita berkendara di jalan raya. Di sana terlihat banyak papan rambu-rambu lalu lintas yang berbeda-beda. Setiap gambarnya menunjukan arti isi pernyataan yang berbeda-beda juga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jadilah Yang Pertama berkomentar

© Lulus Gita Samudra is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template